Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)

No Comments

Distrik Unik - Penelitian - Buku seberat 0,51 kilogram karya Lexy J Moleong ini berusaha memberikan kemudahan bagi para peneliti. Khususnya, penelitan yang diterapkan menggunakan metode kualitatif.

Buku yang diterbitkan oleh Rosda pada tahun 2004 ini mengulas secara detail tentang perencanaan penelitian hingga rangkaian penyajiannya kepada publik. Tujuannya, tak lain adalah agar sebuah penelitian dapat disajikan secara gamblang dan dapat dipercaya karena dilandasi dengan kaidah-kaidah yang baik.

Bukankah kebenaran dari hasil penelitian harus memenuhi syarat dapat dipercaya? Kebenaran dalam sebuah penelitian harus memenuhi nilai-nilai kemutlakan. Dengan kata lain, kebenaran dari hasil penelitian bukan merupakan kebenaran yang dibenarkan.

Kebenaran dalam sebuah penelitan harus mutlak benar. Sebab, hasil tersebut bakal dijadikan sebagai landasan untuk melangkah bahkan bisa juga digunakan sebagai dasar pengambilan sebuah kebijakan publik.

Buku ini banyak digunakan oleh mahasiswa S1 hingga S3 sebagai referensi dalam penulisan skripsi hingga tesis. Di dalam buku ini Lexy J Moleong mencoba untuk menjelaskan secara rinci tentang motodologi kualitatif dengan gaya bahasa yang lugas.

Penulis juga berusaha untuk menyuguhkan beberapa contoh kasus yang sering ditemui dalam suatu penelitian ilmiah. Kalangan pengajar di perguruan tinggi juga menyarankan agar para mahasiswanya untuk menggunakan buku ini sebagai referensi dalam penyusunan penelitian ilmiah. Khususnya, penelitian yang menggunakan metodologi penelitian kualitatif.

Buku ini juga tak sebatas membahas arti maupun maksud serta manfaat penelitian. Lebih dari itu, lexy juga berusaha memberikan tutorial bagi pembaca tentang bagaimana melakukan penelitian. Oleh sebab itu, semua unsur penelitian dibahas secara terperinci di dalam buku ini. Yakni, mulai dari merancang sampai menyusun kerangka laporanya dan bahkan cara menelaah hasil penelitian.

Berikut Daftar Isi Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), antara lain:
Bab I : konsep dasar penelitain kulaitatif; karateristik penelitian kualitatif; dasar teoretis penelitian kualitatif; perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif; serta beberapa pertanyaan umum tentang penelitian kuantitatif.

Bab II: paradigma penelitian kualitatif, penyusunan teori, dan persoalan generalisasi, kausalitas, emik-etik; paradigma penelitian kualitatif; beberapa segi suatu teori; penyusunan teori(theory generation); dan beberapa persoalan yang berkaitan dengan teori.

Bab III: perumusan masalah dalam penelitian kualitatif; pembatasan masalah studi melaui fokus; model perumusan masalah; analisis perumusan masalah; dan prinsip-prinsip perumusan masalah.

Bab IV: tahapan-tahapan penelitian; tahapan pralapangan; tahapan pekerjaan lapangan; dan tahap analisis data



-----------------------------------------------------------------------
Cari Referensi Lengkap
Cari Referensi Semangat Bisnis
-----------------------------------------------------------------------

ingin pesan artikel promosi produk, blog atau web?
hubungi kami via email: distrikunik@gmail.com
- terima kasih -

Comments

Leave a Reply

Perhatian: Jangan Pernah Menulis Pesan atau Komentar yang Bertentangan dengan Pancasila. - Terima Kasih -

Jadi Sabahat Distrik Unik

Kreated by Distrik Unik @Januari2013. Powered by Blogger.

Abstraksi Buku-buku Top!

Popular Posts

Mitra Distrik Unik

Buku The Millionaire Steps Software Website Toko Online Paid Review Indonesia

Followers

Blogger templates